Senin, 10 Oktober 2011

Teori Etika..

A. Etika Teleologi
berasal dari kata Yunani yaitu Telos = tujuan, yaitu mengukur baik buruknya suatu tindakan berdasarkan tujuan yg ingin dicapai atau akibat yg ditimbukan oleh tindakan itu.

ada dua aliran etika teleologi yaitu :
  • Egoisme Etis
    yaitu tindakan yang bertujuan untuk kepentingan diri sendiri.
    contoh : pada saat lampu merah,masih saja tetap jalan hanya karena sedang terburu-buru tanpa memperdulikan orang sekitar sehingga terjadi kecelakaan.
  • Utilitarianisme
    berasal dari bahasa latin yg berarti "bermanfaat". Bertujuan pada manfaat dari suatu tindakan.
    contoh : mengadakan baksos untuk anak-anak yatim piatu disuatu panti asuhan.
B. Deontologi
tindakan yang menitik beratkan pada kewajiban.
contoh : melakukan pembayaran rekening air.

C. Teori Hak
Merupakan aspek dari Deontologi karena hak dan kewajiban itu saling berhubungan. Hak didasarkan atas martabat manusia dan martabat semua manusia itu sama.
Contoh : ketika kita sudah memenuhi kewajiban kita untuk membayar air, hak kita adalah mendapat pelayanan dari PAM dengan baik. Tapi jika hak kita tidak dapat dipenuhi, kita bisa menuntut hak kita tersebut.


D. Teori Keutamaan
Teori keutamaan tidak menanyakan tindakan mana yang etis dan tindakan mana yang tidak etis. Teori ini tidak lagi mempertanyakan suatu tindakan, tetapi berangkat dari pertanyaan mengenai sifat-sifat atau karakter yang harus dimiliki oleh seseorang agar bisa disebut sebagai manusia utama, dan sifat-sifat atau karakter.
contoh : seseorang bisa mengutamakan hal yang dia inginkan dengan usaha dan kerja keras untuk dapat memenuhi keinginannya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar